Home » » Cara Membuat 404 Error Page Not Found Di Blog

Cara Membuat 404 Error Page Not Found Di Blog

Written By Admin on Rabu, 23 Oktober 2013 | Rabu, Oktober 23, 2013

Cara membuat 404 error page not found di blog
TutorialBlog46 - Cara Membuat 404 Error Page Not Found Di Blog - Ketika kita tidak menemukan sesuatu yang sedang dicari di dalam blog maka akan muncul pesan yang mengatakan bahwa apa yang sedang kita cari tidak ada. Dan pesan itu kita sebut dengan 404 error page.

Di dalam blogger kita mempunyai kebebasan membuat pesan tersebut atau bahkan bisa mengalihkan halaman yang tidak ditemukan menuju homepage atau halaman utama blog. Cara tersebut dapat kita lakukan secara sederhana yaitu langsung membuat sebuah pesan, atau mengalihkan ke halaman utama, atau membuat halaman sendiri yang lebih interaktif dengan pengunjung.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan yang lebih inti mungkin catatan berikut bisa menjadi alasan untuk menerapkan teknik membuat 404 error page ataua halaman error 404 kedalam blog.

Broken link atau link mati adalah sesuatu yang tidak disukai oleh google ketika robot mereka melakukan scanning atau indexing blog. Broken link sendiri terjadi karena link yang pernah kita buat sudah tidak aktif atau mati, bisa juga karena adanya link yang tidak aktif di dalam kotak komentar yang berasal dari link pengunjung atau karena sebab lainnya.

Daripada tidak disukai oleh google maka lebih baik mengalihkan broken link tersebut ke halaman utama atau 404 error page not found di blog. Dan untuk melakukannya kita menggunakan fasilitas yang telah diberikan melalui platform blogger. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak dan diikuti langkah-langkah berikut dibawah:

Cara Membuat 404 Error Page Not Found Di Blog

1. Log in kedalam akun blogger
2. Pilih menu [Setelan] >> Preferensi penelusuran
3. Klik Edit pada bagian "Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan ?"

Cara membuat 404 error page not found di blog

4. Masukkan kode dibawah ini, kemudian klik tombol [Simpan perubahan]

4.a Kode untuk mengalihkan ke Home Page atau Halaman Utama blog
4.b Kode untuk membuat 404 error page not found
5. Selesai

Untuk mencoba apakah apakah telah berhasil membuat 404 error page maka silahkan coba ketikkan di web browser "http://www.alamatwebsite.com/kata_sembarang/". Jika berhasil maka 404 error page akan muncul sesuai dengan pesan kita.

 Mudah bukan, bagaimana cara membuat 404 error page not found di blog? silahkan dipraktekkan dan semoga blog Anda menjadi blog yang disukai oleh search engine. Terimakasih atas kunjungannya, selamat mencoba dan salam sukses [Selesai/]
Share this article :

2 komentar:

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan ASPIRASI Anda asal dengan cara SOPAN dan NO SPAM. Komentar yang tidak berkaitan dengan Topik pembahasan akan dihapus langsung oleh moderator.

Back to top

#Follower 46#

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : TipsNgeblog | TipsNTrik
Copyright © 2013. Tutorial Membuat Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TutorialBlog46
Proudly powered by Blogger