Home » » Cara Mengganti Template Blog Secara Advance

Cara Mengganti Template Blog Secara Advance

Written By Admin on Sabtu, 12 Oktober 2013 | Sabtu, Oktober 12, 2013

TutorialBlog46 - Cara Mengganti Template Blog Secara Advance - Jika sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara membuat blog terkenal maka pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengganti template blog secara advance ataupun default.

Yang dimaksud dengan mengganti template blog secara advance disini adalah mengganti template blog dengan template yang telah kita desain sendiri atau pihak lain dan bukan menggunakan template bawaan yang secara default telah disediakan oleh platform blogger.

Alasan mengapa kita menggunakan template milik sendiri atau pihak lain karena template default yang telah disediakan oleh blogger kurang cocok atau tidak dapat mengakomodir keinginan tema blog yang akan kita gunakan atau bisa juga karena tidak cocok dengan selera tampilan template default tersebut.

Dan perlu Saya sampaikan bahwa ketika kita mengganti template secara advance berarti kita harus mempunyai pengetahuan minimal yaitu HTML, CSS dan JavaScript. Tetapi jika temen-temen tidak mempunyai pengetahuan mengenai hal tersebut maka bisa menggunakan template yang telah didesain oleh pihak lain baik yang diberikan secara gratis atau berbayar.

Untuk mengganti template blog secara advance atau default maka kita akan selalu menggunakan menu Template seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Menu Template Blog

Cara Mengganti Template Blog

Untuk mengganti template blog menggunakan template yang sudah disediakan oleh pihak blogger maka yang perlu kita lakukan hanya memilih template mana yang disukai (lihat no 4 pada gambar Menu Template Blog) kemudian klik Terapkan Ke Blog seperti ditunjukkan gambar berikut:


Sedangkan untuk mengganti template blog secara advance maka ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu pertama, melakukan perubahan secara online melalui menu Edit HTML (lihat no 3 pada gambar Menu Template Blog) dan kedua, mempersiapkan file .xml template blog terlebih dahulu kemudian menguploadnya kedalam blog (lihat no 2 pada gambar Menu Template Blog).

Cara Mengganti Template Blog Secara Advance, Cara Pertama

1. Login kedalam akun blogger
2. Pilih menu Template (tampilan akan seperti gambar Menu Template Blog)
3. Klik Edit HTML (lihat no 3 pada gambar Menu Template Blog)
4. Lakukan edit kode HTML













5. Simpan Template >> Selesai

Cara Mengganti Template Blog Secara Advance, Cara Kedua

1. Login kedalam akun blogger
2. Pilih menu Template (tampilan akan seperti gambar Menu Template Blog)
3. Silahkan backup template terlebih dahulu sebelum mengupload template yang baru. Prosedur ini kita gunakan untuk menghindari terjadinya kesalahan mengganti template blog
4. Klik menu Cadangkan/Pulihkan (lihat no 2 pada gambar Menu Template Blog)
5. Klik tombol Browse >> Pilih template yang akan diupload >> Klik tombol Unggah


6. Selesai

Beberapa langkah tersebut diatas adalah langkah yang dapat kita gunakan untuk mengganti template blog yang sudah dimiliki sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian tulisan mengenai bagaimana cara mengganti template blog secara advance yang dapat disampaikan jika masih ada yang belum tahu bagaimana cara membuat blog silahkan klik disini. Atas kunjungan dan masukannya kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya. Good luck dan selamat mencoba.
Share this article :

1 komentar:

  1. Terimakasih sudah sharing gan. saya lagi cari2 template yang tepat untuk blog saya untuk di pakai seumur hidup rencananya.
    saya juga mencari artikel tentang Cara Menggunakan Template Helix Pada Blogger agar lebih mudah dalam menerapkan template ini.
    Thanks ya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan ASPIRASI Anda asal dengan cara SOPAN dan NO SPAM. Komentar yang tidak berkaitan dengan Topik pembahasan akan dihapus langsung oleh moderator.

Back to top

#Follower 46#

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : TipsNgeblog | TipsNTrik
Copyright © 2013. Tutorial Membuat Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TutorialBlog46
Proudly powered by Blogger