Home » » Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting

Written By Admin on Minggu, 03 November 2013 | Minggu, November 03, 2013

TutorialBlog46 - Pengertian Domain dan Hosting - Jika kita ingin bergelut di dunia internet dan khususnya WebBlog maka dua istilah ini setidaknya harus dipahami dan dimengerti yaitu DOMAIN dan HOSTING.

DOMAIN dapat diartikan sebagai alamat web atau blog yang akan Anda gunakan, misalnya www.alamatsitusku.com dan sedangkan HOSTING adalah tempat kita menyimpan dokumen web atau blog.

Jika diibaratkan sebuah rumah maka DOMAIN adalah alamat rumah kita, HOSTING adalah luas tanah di suatu wilayah yang merupakan tempat rumah kita dibangun. Dan sedangkan DOKUMEN WEB/BLOG adalah rumah kita sendiri (termasuk isi rumah, tampilan rumah, dan segala sesuatu yang membuat rumah kita kelihatan menarik).

Untuk membangun sebuah rumah tentunya kita harus melalui beberapa tahapan yaitu menyiapkan terlebih dahulu luas tanah yang akan ditempati dan bahan bangunan. Kemudian membangun rumah tersebut dan memberinya alamat agar teman dan keluarga mudah mencarinya. Dan seiring berjalannya waktu kita lakukan renovasi rumah dan memasukkan berbagai macam barang hingga rumah kita kelihatan menarik.

Begitu juga ketika kita akan membangun sebuah web atau blog maka harus mempersiapkan bahan bangunan berupa DOKUMEN WEB/BLOG dan luas tanah berupa HOSTING untuk meletakkan atau menyimpan dokumen tersebut. Kemudian memberinya sebuah alamat baru berupa DOMAIN agar orang mudah mengaksesnya. Dan seiring berjalannya waktu kita perlu melakukan renovasi dengan cara merubah template web atau blog dan membuat konten yang sangat menarik dan bermanfaat.

Untuk mendapatkan domain dan hosting kita harus mengeluarkan biaya, sama seperti ketika kita akan membangun sebuah bangunan di dunia nyata - kita harus mengeluarkan biaya membeli bahan bangunan dan tanah.

Nah jika kita berbicara mengenai bagaimana cara agar banyak orang datang berkunjung kedalam rumah - dalam hal ini adalah web atau blog - maka sederhana sekali jawabannya yaitu membuat tampilan dan isi rumah kita menarik untuk dikunjungi.

Dan kalau masih bingung kita bisa menggunakan konsep yang digunakan oleh mall untuk menarik pengunjung menjadi pelanggan setianya yaitu dengan cara menyediakan tempat yang nyaman lengkap dengan fasilitasnya dan berbagai macam barang menarik yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan.

Jadi sebenarnya rahasia agar banyak orang datang ke rumah atau web/blog kita adalah karena kita dapat menyediakan berbagai macam konten yang benar-benar dibutuhkan dan diperlukan oleh pengunjung :) selain karena tempat kita memang menarik untuk dikunjungi. 

Mungkin sobat blogger sudah paham tentang pengertian domain dan hosting. Semoga dapat membantu dan selamat mencoba membangun rumah di dunia online.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan ASPIRASI Anda asal dengan cara SOPAN dan NO SPAM. Komentar yang tidak berkaitan dengan Topik pembahasan akan dihapus langsung oleh moderator.

Back to top

#Follower 46#

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : TipsNgeblog | TipsNTrik
Copyright © 2013. Tutorial Membuat Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TutorialBlog46
Proudly powered by Blogger